Sondag 24 Maart 2013


Kumpulan Artikel Penyakit Kulit

Mengawali Tahun 2011, penulis berkesempatan memenuhi salah satu permintaan dari beberapa pembaca, yakni mengorganisir Artikel Penyakit Kulit dalam 1 halaman sebagai pintu masuk ke artikel-artikel yang hendak dituju. Permintaan ini sejalan dengan rating pencarian artikel penyakit kulit yang menempati posisi teratas setiap pekan.Terima kasih kepada para pembaca yang telah memberikan saran agar artikel penyakit kulit dibuatkan halaman posting khusus sebagai sitemap.
Pada kesempatan ini pula saya ingin mengingatkan bahwa untuk diskusi atau pertanyaan seputar penyakit kulit seyogyanya menyertakan foto, setidaknya ukuran 800×600 pixel, dengan pengambilan 3-4 sudut pandang, agar memudahkan penilaian efluoresensi untuk memperkirakan diagnosa. Ini karena saking banyaknya jenis penyakit kulit dengan keluhan yang rata-rata sama, diantaranya: gatal, bentol, bercak, merah, dan sejenisnya. Nah, keluhan-keluhan tersebut sangat umum, tidak mengarah pada satu jenis penyakit kulit tertentu. Itu sebabnya diperlukan foto untuk mendekatkan kepada ketepatan diagnosa.
Berikut ini adalah beberapa artikel penyakit kulit diantaranya sebagai berikut :
Bau Badan
Adakalanya yang bersangkutan tidak menyadari, tapi orang yang berdekatan dapat merasakannya. Tentu sangat mengganggu. Repotnya, sulit untuk memberitahu yang bersangkutan karena takut tersinggung. Silahkan simak Tips untuk mengatasi masalah Bau Badan.
Cacar Air
Penyakit ini merebak setiap tahun pada periode tertentu. Pada anak memerlukan pengobatan sekitar seminggu, sedangkan pada dewasa lebih lama. Jangan dipencet. Biarkan bekasnya mengelupas dengan sendirinya. Tidak ada pantangan makanan, dan harus mandi.
Eksim
Walaupun penyakit eksim tidak berbahaya dan tidak menular, keluhan yang ditimbulkannya membuat penderita merasa tersiksa dan tak jarang mempengaruhi kepercayaan dirinya. Penyakit ini bersifat kronis (menahun) dan residif (kambuhan), terutama jika terpapar pemicunya.
Erisipelas
Meski sekarang sudah jarang, penyakit ini masih dapat dijumpai di praktek sehari-hari, terutama pada anak-anak yang sebelumnya ditemukan adanya koreng atau luka di sekitar timbulnya Erysipelas (Erisipelas). Ingat ! Tidak ada pantangan makanan.
Herpes zoster
Warga suku Jawa menamakan Dumpo ( dompo ). Warga Banjar menyebut Kayap. Dan sebagian khalayak menamakan Cacar Ular. Tidak bahaya, tapi menyiksa saking nyerinya. Pengobatannya mudah, namun memerlukan sekitar 1-3 minggu untuk penyembuhan. Tidak ada pantangan makanan.
Impetigo
Sebagian suku Jawa menyebutnya penyakit sulet. Mitos yang beredar biasanya dihubungkan dengan terbakarnya pakaian si anak (popok, celana, pospak atau apalah yang dipakai anak). Ah, mitos. Kita perbaiki yuk !!! Penyebabnya kuman, so tidak ada hubungannya dengan makanan alias tidak ada pantangan makanan.
Kadas
Tenang .. tenang, walaupun Kadas sudah dipelihara belasan tahun hingga membentuk bercak berpulau-pulau, niscaya dapat disembuhkan sedikitnya dalam 3-4 minggu. Pengobatan terbaik adalah dengan obat oral (diminum) dan obat topikal (salep, krim atau bedak anti jamur) secara teratur.
Keputihan
Meliputi 2 jenis: keputihan karena Penyakit dan Bukan Penyakit. Untuk mengetahui penyebabnya sangat mudah, yakni dengan periksa sekret vagina (swab). Dalam tempo 1-2 jam sudah diketahui penyebabnya. Dengan begitu pengobatannya lebih tepat.
Ketombe
Oleh para ahli, ketombe dihubungkan dengan infeksi jamur Pytosporum ovale dan jamur Mallassezia sebagai faktor pencetus terjadinya kelainan pada kulit kepala. Ketombe tidak berhubungan dengan jenis kulit kepala, artinya dapat menimpa siapa saja tak peduli apakah kulit kepala berminyak atau kering.
Larva migrans ( Cutaneous Larva Migrans )
Agar mudah diingat, penulis mencoba memperkenalkan CLM dengan nama Cacing Kulit kepada publik sejak 4 tahun yang lalu. Obatnya mudah, bukan disemprot, tapi dengan obat cacing khusus ( paling bagus dengan albendazole ). Biasanya sembuh dalam 1-2 minggu. Tidak ada pantangan makanan.
Panu
Penyakit kulit yang satu ini sering diabaikan, kecuali kalau udah menyerang bagian tubuh yang kelihatan. Walau mandinya lebih 2 kali sehari, gak perlu protes ketika penyakit ini mampir. Pengobatannya memerlukan waktu sedikitnya 3-4 minggu. Tidak ada pantangan makanan.
Pioderma
Penyakit ini di kalangan awam disebut koreng, adalah terminologi umum untuk penyakit-penyakit infeksi kulit yang disebabkan oleh kuman (bakteri), terutama Streptococcus beta hemolyticus atau Staphylococcus aureus. Pengobatan memerlukan waktu sedikitnya 7-10 hari. Pastinya tidak ada pantangan makanan.
Pityriasis Rosea
Penyebab Pityriasis rosea hingga kini belum diketahui. Para ahli masih berbeda pendapat tentang faktor-faktor penyebab timbulnya Pityriasis rosea. Ada yang menduga disebabkan virus lantaran penyakit ini sembuh sendiri (self limited) dalam 3-8 minggu.
Prurigo von Hebra
Penyakit ini tidak berbahaya. Meski begitu, penderita Prurigo von Hebra merasa sangat risih, gak nyaman, bahkan menjadi tidak percaya diri. Ini dapat dimaklumi karena pada kulit penderita Prurigo von Hebra timbul bentol-bentol berwarna kehitaman dan menebal, terutama di daerah anggota badan.
Psoriasis
Walau tidak berbahaya dan tidak menular, Psoriasis membuat penderitanya merasa risih (kadang gak pede) karena alasan kosmetik. Psoriasis adalah penyakit kulit menahun (kronis) dan kambuhan (residif) terutama jika terpapar pemicunya. Pengobatan yang dilakukan adalah upaya untuk meminimalisir keluhan (simptomatis).
Selulite
Para ahli berbeda pendapat terkait terjadinya selulite (striae). Sebagian berpendapat, striae terbentuk karena timbunan lemak, sebagian lainnya mengatakan akibat regangan “jaringan penghubung” (connective tissue) karena perubahan bentuk dan berat badan. Pada umumnya pengobatan selulite belum memberikan hasil memuaskan. Hal ini bergantung banyak faktor. Tak jarang pengeluaran biaya besar berakhir dengan kekecewaan.
Skabies
Ini dia, Skabies atau Gudikan, salah satu penyakit kulit yang mudah menular ( yang disebabkan oleh kutu Scabies scabiei ) dari satu orang ke orang lainnya, sehingga tak jarang menyebar dalam keluarga ketika salah satu anggota keluarganya pulang kerumah membawa penyakit ini. Tidak ada pantangan makanan. Harus mandi.
Urtikaria
Lebih dikenal dengan sebutan Biduran atau kaligata, ditandai dengan bentol-bentol (adakalanya hanya berupa bercak merah) pada kulit, berwarna merah atau berwarna keputihan dan gatal. Tidak bahaya, namun suka kambuh dan menyiksa, kecuali yang betah gatal. Tersering dipicu oleh cuaca.
Vagina Berjamur
Adalah salah satu keputihan yang disebabkan oleh infeksi Jamur (Candida albicans, namanya keren booo). Untuk memastikan jamur atau bukan adalah dengan pemeriksaan sekret vagina (swab). Pengobatannya memerlukan waktu rata-rata 5 hari. Adakalanya perlu pengobatan hingga 10-14 hari.
Vitiligo
Bercak berwarna putih (hipopigmentasi) pada kulit. Vitiligo adakalanya hanya satu bercak, bisa juga beberapa bercak di area yang sama, misalnya area wajah, anggota badan. Masalah utama vitiligo adalah masalah kosmetika, terlebih pada wanita.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking